Sudah Bangkitkah Indonesia-ku ?

Pada tanggal 20 Mei 2017 adalah peringatan yang ke-109 tahun hari Kebangkitan Nasional. Hari ini menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat di kepulauan Nusantara, yang ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908. Dari kelahiran Boedi Oetomo inilah yang menjadi cikal bakal perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Menilik sejarah pendirian Boedi Oetomo, sudah sepatutnya kita sebagai penerus perjuangan mereka memiliki semangat yang sama untuk kebangkitan Indonesia, kebangkitan untuk hidup, maju dan berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan tema penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. Melalui tema ini, diharapkan agar pemaknaan Kebangkitan Nasional yang lebih difokuskan pada perwujudan pemerataan pembangunan menuju Indonesia yang berkeadilan, dari Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Pulau Rote. Adapun tujuan utama dari peringantan Kebangkitan Nasional adalah untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita kedepan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dalam pelaksaan Harkitnas tahun ini, berdasar Kepmen Kominfo No. 968 Tahun 2017, seluruh rangkaian peringatan Kebangkitan Nasional akan serentak di laksanakan pada hari Senin, 22 Mei 2017. Dengan berbagai giat kebangsaan seperti Upacara Bendera, Seminar dan Dialog Interaktif, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Bakti Sosial dan Koordinasi, Publikasi dan Dokumentasi.

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, BEM dan Mahasiswa Politeknik Negeri Madiun, berhasil memaknai peringatan  Hari Kebangkitan Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) kota Madiun, pada pukul 15:30 WIB hingga selesai. Dalam acara tersebut ada serangakain doa dan tabur bunga untuk para pahlawan yang sudah berjuang dalam kemerdekaan dan kebangkitan Indoensia hingga menjadi seperti saat ini. Di penghujung acara yang dilaksanakan di TMP tersebut kami akhiri dengan pembersihan area TMP dan foto bersama. Setelah acara tersebut usai, seluruh pengurus BEM dan Mahasiswa PNM melakukan aksi sosialisasi kebangsaan yang di pimpin oleh Aditya Dhanu sebagai Koordinator Aksi. Dalam sosisalisasi kebangsaan kali ini, yang menjadi sasaran adalah pelajar usia Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Politeknik Negeri Madiun. Kami menyadari bahwa dengan pengaruh globalisasi, gadget, dan berbagai media online yang mudah diakses oleh anak usia dibawah umur, memiliki berbagai dampak yang negatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan dasar itulah kami merasa perlu untuk menanamkan rasa nasionalisme pada mereka. Melalui berbagai games seru dan penyampaian yang menyenangkan, acara sore itu berjalan sangat meriah. Dalam penghujung acara ini besar harapan kami, selain menambah rasa nasionalisme pada generasi muda belia Indonesia kami juga berharap hal ini mampu menjadi dasar timbulnya tali silaturahmi yang erat antara Politeknik Negeri Madiun dengan masyarakat.

“Kebangkitan yang sesungguhnya adalah bertahan dari berbagai keadaan dan kesulitan, menjadi lebih baik dan terus meng-Indonesia”

Kabinet Literasi

#BangkitIndonesiaku #Jassmerah #HidupMahasiswa #HidupRakyatIndonesia

 

-Ammrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *